Sabtu, 30 April 2011

Gedung DENIS


Gedung DENIS (Bank Jabar Banten)


Gedung DENIS terletak di Jalan Braga 12-14, Kota Bandung. Gedung ini menjadi saksi bisu peristiwa heroik yang terjadi di Kota Bandung. Sehari setelah pengumuman kedaulatan Indonesia, yakni 18 Agustus 1945, terjadi insiden perobekan warna biru bendera Belanda di puncak gedung ini.
Perobekan yang dilakukan pemuda Indonesia bernama Mohammad Karmas dan Moeljono itu membuat bendera yang berkibar di gedung menjadi merah dan putih.
Peristiwa heroik tersebut menjadi salah satu rangkaian pengobar semangat kemerdekaan masyarakat Jabar yang puncaknya terjadi pada 24 Maret 1946, yakni peristiwa Bandung Lautan Api.
DENIS (De Erste Nederlandsche Indische Spaarkas) merupakan bank simpanan dan hipotek pertama yang didirikan Hindia Belanda. Bank ini melayani urusan penyelengggaan ekspor komoditas perkebunan dari wilayah Priangan.

Gedung DENIS tempo dulu

Gedung yang berfungsi sebagai kantor DENIS ini dibangun pada tahun 1935-1936 dengan gaya arsitektur art deco. Gedung ini dirancang oleh arsitek AF Aalbers dan Rijk de Wall. Struktur bangunan ini menggunakan material baja. Sementara bentuk plastis horizontal pada fasad bangunan merupakan ciri khas gedung ini.
Tahun 1960, pengelolaan gedung ini diambil alih Bank Pembangunan Jawa Barat (Bank Jabar). Pada 1997-2000, gedung ini direnovasi dengan melibatkan tenaga arsitek bangsa Indonesia dari Biro Arsitek Desain Nasional. Pembangunannya dilaksanakan oleh PT Pembangunan Perumahan (Persero) dengan biaya Rp 7 miliar.

Sumber : Kompas Jawa Barat
Kritik dan saran hubungi : djawa.barat@gmail.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar