Sabtu, 30 April 2011

Sungai Cikapundung

Sungai Cikapundung, Dekat Jalan Asia Afrika

Sejarah dan perkembangan Kota Bandung tidak bisa lepas dari sungai ini. Pada zaman pemerintahan Bupati Wiranatakusumah II (1794-1829) yang dijuluki Dalem Kaum I, ibu kota Kabupaten Bandung dipindahkan dari Krapyak (sekarang Dayeuhkolot) ke tepi Sungai Cikapundung.
 Sungai Cikapundung Tahun 1880

Tempat yang dipilih adalah lahan kosong berupa hutan di tepi barat Sungai Cikapundung, di tepi selatan Jalan Raya Pos yang dibangun Daendels (pusat Kota Bandung sekarang). Dengan demikian, cikal bakalbkota ini tidak jauh dari aliran sungai ini.
Sungai Cikapundung merupakan sungai terbesar yang melintasi Kota Bandung. Sungai sepanjang 28 kilometer ini di bagian hulu dan hilir masuk wilayah Kabupaten Bandung. Sementara yang melintasi Kota Bandung sepanjang 15 kilometer. 10,5 kilometer di antaranya berada di kawasan padat penduduk.

Cikapundung, melewati pemukiman padat
Hulu Sungai Cikapundung berada di kawasan Gunung Tangkubanparahu dan Gunung Bukit Tunggul, selanjutnya mengalir melalui Sungai Cigulung, Maribaya, hingga Curug Dago. Di bagian hulu itu kondisi airnya masih jernih karena terjaga keaslian hutan lindungnya.
Namun, saat aliran sungai masuk ke wilayah Kota Bandung, kondisi air justru sebaliknya. Air sungai keruh dan banyak sampah akibat aktivitas deretan permukiman padat di pinggir aliran sungai. Permukiman padat itu mulai terlihat dari Dago Pakar, Ciumbuleuit, hingga bagian hilirnya di Dayeuhkolot.

Cikapundung, Penuh sampah

Permukiman padat di sepanjang aliran sungai ini berdampak pada menurunnya kualitas air sungai. Padahal, sekitar 800 liter/detik air sungai diolah PDAM Kota Bandung untuk melayani kebutuhan air warga Bandung.

Sumber : Kompas Jawa Barat
Kritik dan saran hubungi : djawa.barat@gmail.com 

2 komentar:

  1. yang jelas ..di butuhkan kesadaran masyarakat yg tinggal di seputaran cikapundung'meskipun gubenur telah memberikan sangsi...dan itu
    tak akan di tanggapi..

    BalasHapus
  2. gan boleh ngga saya minta gambarnya

    BalasHapus